Gejala, Pengobatan dan Cara Ampuh Cegah Virus Corona Tanpa Harus Panik

Gejala, Pengobatan dan Cara Ampuh Cegah Virus Corona Tanpa Harus Panik. Virus Corona (Covid-19) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus Corona sendiiri merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Panik dan kecemasan akan membuat tubuh kita mengalami penurunan kekebalan yang justru akan berisiko tertular virus.

Cara mencegah virus Corona adalah dengan tenang dan tidak panik, tetapi juga tetap waspada. Ada banyak hal sederhana yang dapat diterapkan untuk mencegah infeksi virus Corona.



Metode sederhana ini sangat mudah dilakukan individu, sehingga kita dapat mencegah penyebaran COVID-19.

Gejala Virus Corona


Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

1. Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius)
2. Batuk
3. Sesak napas

Pengobatan Virus Corona


Infeksi virus corona atau COVID-19 tidak dapat diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk mengurangi gejala dan mencegah penyebaran virus, yaitu:
  • Rujuk pasien COVID-19 untuk menjalani perawatan dan caratina di rumah sakit yang ditunjuk
  • Berikan demam dan penghilang rasa sakit yang aman dan sesuai dengan kondisi pasien
  • Dorong penderita COVID-19 untuk mendapatkan istirahat yang cukup
  • Dorong penderita COVID-19 untuk minum banyak air untuk menjaga kadar cairan tubuh

Tips Sederhana Mengatasi Virus Corona Tanpa Panik

Berikut adalah 10 tips sederhana untuk mencegah virus Corona tanpa harus panik.

1. Mencuci tangan dengan baik dan benar

Rajin mencuci tangan dengan benar adalah saran yang paling sering dilaporkan untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain mudah dilakukan, metode ini adalah cara paling efektif untuk mencegah virus memasuki tubulus kami.

Mencuci tangan dengan benar membutuhkan waktu sekitar 20 detik, dari membersihkan semua bagian tangan (termasuk bagian belakang tangan, pergelangan tangan, di antara jari, dan kuku), hingga mengeringkan tangan dengan handuk bersih, tisu, atau pengering tangan.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Semakin kuat sistem kekebalan tubuh kita, semakin kuat tubuh akan makan dalam mencegah masuknya virus yang menyebabkan penyakit.

Dalam kasus virus Corona, kekebalan memainkan peran penting dalam memerangi virus itu sendiri. Sistem kekebalan tubuh sendiri akan melawan virus Corona untuk pulih.

Cara menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

3. Menggunakan masker

Penggunaan masker sangat dianjurkan untuk seseorang yang bepergian atau di ruang publik.

Meski tidak sepenuhnya mampu menangkal virus, tetapi penggunaan masker akan mengurangi risiko penyebaran virus Corona (COVID-19).

4. Batasi Bepergian

Membatasi Bepergian adalah cara yang efektif untuk mencegah penularan COVID-19. Dengan membatasi perjalanan, kami telah berupaya meminimalkan kontak dengan orang lain, terutama ketika berada di tempat umum.

Virus corona dapat menyebar dengan cepat jika ada kontak langsung antara penderita dan orang sehat melalui transmisi tetesan (percikan air liur).

5. Menjaga kebersihan rumah

Dalam upaya mencegah penularan COVID-19 di dalam rumah, kita harus bisa menjaga kebersihan rumah.

Cairan desinfektan dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi dan toilet, serta mengepel lantai rumah. Untuk menyemprot peralatan rumah tangga, cairan antiseptik dapat digunakan.

6. Kurangi kontak dengan hewan

Beberapa hewan dianggap sebagai vektor penyebaran virus Corona, seperti kelelawar, mamalia, dan reptil. Menghindari kontak dengan beberapa hewan ini dapat menjadi salah satu pencegahan penularan COVID-19.

Gunakan masker saat memberi makan hewan peliharaan dan segera cuci tangan dengan benar setelah selesai makan.

Kandang hewan peliharaan dipastikan bersih dan steril. Demikian juga hewan peliharaan juga harus dalam kesehatan yang baik

7. Konsumsi daging yang dimasak

Jika Anda akan makan daging, maka pastikan dagingnya dimasak dalam keadaan benar-benar matang.

Daging yang akan dimakan harus dimasak dengan matang. Daging mentah bisa menjadi tempat hidup virus. Jika daging mentah memasuki tubuh, virus juga akan berkembang biak di dalam tubuh, menyebabkan penyakit.

8. Terapkan etika batuk dan bersin

Cara lain untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan menerapkan etika batuk dan bersin. Tutupi mulut dan mulut Anda menggunakan tisu atau lengan atau telapak tangan.

Jangan lupa untuk menyingkirkan jaringan yang telah digunakan saat bersin atau batuk. Setelah itu, lakukan cuci tangan dengan benar menggunakan sabun atau pembersih tangan.

9. Konsumsi Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain efektif dalam menangkal radikal bebas, vitamin C juga efektif batuk dan batuk, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Vitamin C dapat diperoleh dari suplemen atau secara alami dari buah.

10. Lakukan jarak sosial (social distancing)

Pada saat virus Corona dinyatakan sebagai pandemi dan menyebar dengan sangat cepat ke seluruh penjuru dunia, beberapa negara mulai menerapkan jarak sosial.

Jarak sosial adalah salah satu cara untuk mencegah penularan virus dengan menjaga jarak sosial. Cara paling sederhana untuk menjaga jarak sosial adalah dengan menghindari tempat-tempat ramai dan ruang publik, dan meminimalkan kontak dengan orang lain.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai Gejala, Pengobatan dan Cara Ampuh Cegah Virus Corona Tanpa Harus Panik. terima kasih.