Cara Membuat Donat Kentang Lembut, Mengembang dan Sederhana

Tips Membuat Donat Kentang Yang Lembut

Kokiepedia - Donat (doughnuts atau donut) adalah jenis #Makanan Kering yang digoreng, yang dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Dalam hal lain donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan nya sekalipun, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.

Pada dasarnya Donat bisa dibentuk dengan menyatukan kedua sisi, adonan berbentuk persegi panjang hingga membentuk cincin atau menggunakan pemotong otomatis yang sekaligus membuat lubang di tengah adonan donat. Lubang pada donat berbentuk cincin dulunya dimaksudkan agar donat cepat matang sewaktu digoreng. Adonan #Donat yang tersisa sewaktu membuat donat berbentuk cincin sering dijual sebagai "doughnut" hole atau dicampurkan lagi ke dalam adonan untuk membuat donat baru.

Adonan donat terdiri dari dua jenis, adonan yang dicampur dengan ragi seperti adonan roti, dan adonan kental seperti adonan kue. Donat dari adonan tepung yang memakai ragi biasanya kadar lemak 25% dari berat donat, sedangkan donat adonan cake mengandung kadar lemak 20%. Donat dari adonan cake digoreng selama 90 detik bolak-balik di dalam minyak bersuhu antara 190℃ hingga 198℃. Sedangkan donat dari adonan tepung yang dibangunkan oleh ragi memerlukan waktu penggorengan yang lebih lama (sekitar 150 detik) di dalam minyak bersuhu 182℃ hingga 190℃.

Setelah matang, permukaan donat bisa dihias dengan taburan gula icing atau gula halus bercampur bubuk kayu manis, dicelup glasir berupa campuran madu dan gula, disiram coklat cair dan ditaburi coklat butir beraneka warna di atasnya. Selai, jelly atau custard yang menjadi isi donat disuntikkan dengan alat spuit.

Tips Membuat Donat Kentang Yang Lembut Dan Mengembang


Pada Dasarnya #Donat Kentang sendiri merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan masayarakat baik orang dewasa maupun anak kecil sekaligus. Apalagi jika donatnya sendiri mempunyai tekstur yang lembut dan empuk serta mempunyai rasa yang gurih dan manis yang ditambahkan dengan berbagai varian toping diatasnya tentunya akan membuat anda merasa ingin sekali menikmatinya.

Jika anda tertarik ingin mencoba membuat Donat yang satu ini, alangkah baiknya jika anda menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini.

#1. Bahan Pembuatan Donat Kentang

Bahan-Bahan
  • 1/2 kg tepung terigu (kualitas super)
  • 10 gram ragi instan
  • 4 butir telur
  • 4 sdm gula (atau secukupnya sesuai selera)
  • 4 sdm susu bubuk full cream
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 kg kentang
  • 1/4 kg mentega
  • 1/2 gelas air (sekitar 100 ml)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bahan Toping
  • 100 gram dark cooking chocolate (lelehkan)
  • 1 sdm margarin
  • Meses, tepung gula, cokelat strawberry (lelehkan)

#2. Proses Pembuatan Donat Kentang

  1. Yang pertama harus anda lakukan adalah Kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian lalu kukus hingga matang dan empuk. Jika sudah matang, haluskan kentang dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu, susu, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan kentang yang telah dihaluskan ke sebuah wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur secara merata.
  3. Selanjutnya aduk kembali semua bahan hingga adonan kalis lalu diamkan kira-kira selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  4. Sekarang lihat baik-baik jika adonan sudah kalis, selanjutnya masukkan mentega, garam dan air secukupnya. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan adonan benar-benar kalis. Diamkan kira-kira selama 20 menit agar adonan mengembang dengan sangat baik.
  5. Sekarang bentuk adonan yang sudah mengembang menjadi donat. Kamu bisa membentuknya dengan cara manual atau dengan mencetaknya dengan cetakan donat.
  6. Selanjutnya panaskan minyak lalu goreng donat hingga warnanya kuning keemasan serta matang. Goreng donat dengan api kecil agar donat terbentuk dengan sempurna.
  7. Donat yang sudah matang bisa diberi toping berupa dark chocolate, cokelat strawberry, tepung gula atau meses. Sesuai selera anda tentunya ya

Ingat: Dalam proses pemasakannya gunakan api kecil saja supaya donatnya matang secara merata ya.

Seperti itulah proses cara pembuatannya. Sekarang anda bisa coba dengan resep yang diatas. Semoga bisa membantu anda dalam proses pembuatan Donat Kentang Yang Lembut. Terima Kasih.