Resep Membuat Kue Bolu Jagung Manis, Kismis dan Enak

Resep Bolu Jagung Manis

Kokiepedia - Kue Bolu atau yang trend saat ini di sebut dengan Cake adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Kue Bolu berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan dengan acara pemotongan tumpeng.

Kue Bolu yang berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.


Tips Membuat Kue Bolu Jagung Manis, Kismis dan Enak

Siapa sih yang tidak mengenal yang namanya kue bolu? Kue bolu ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Kue ini sangat di gemari oleh anak - anak. Cara membuat kue bolu yang lembut itu tidak gampang, butuh keahlian khusus. Tapi jangan khawatir, tidak harus membutuhkan biaya yang mahal kok untuk membuat kue bolu, saya akan berbagi cara membuatnya dengan anda semua. Anda bisa memanfaatkan bahan - bahan yang ada disekitar kita, bisa sayuran dan juga buah - buahan. Kali ini kita bisa manfaatkan jagung, Murah bukan biayanya? Nah kali ini kita akan membuat kue bolu dengan jagung manis yang lembut dan enak. Mudah saja kok, walaupun bagi anda yang baru belajar atau pemula bikin kue. Yuk kita simak resepnya ya...


#1. Bahan Membuat Bolu Jagung Manis, Kismis

Bahan-Bahan
  • 60 gram tepung terigu
  • 40 gram tepung beras
  • 3 butir telur ayam
  • 75 gram gula pasir
  • 50 ml minyak goreng
  • 50 gram keju
  • 100 gram jagung manis pipil

  • 20 gram kismis

#2. Proses Pembuatan Bolu Jagung Manis, Kismis

  1. Pertama anda harus menghaluskan jagung pipil dengan blender terlebih dahulu
  2. Lalu mixer telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kaku
  3. Setelah Mengembang dan kaku turunkan kecepatan mixer
  4. Kemudian masukkan jagung yang sudah halus dan mixer lagi sampai rata
  5. Masukkan pula tepung beras dan terigu dan aduk adonan dengan menggunakan spatula
  6. Masukkan keju dan minyak goreng secara bergantian
  7. Lalu siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak atau mentega
  8. Kemudian tuangkan adonan dalam loyang, taburi kismis di atasnya dan kukus selama kurang lebih 30 menit
  9. Angkat Kue bolu jagung manis dan dinginkan
  10. Keluarkan kue bolu jagung manis dari cetakan lalu potong sesuai selera anda

Seperti itulah proses pembuatannya, mudah bukan. Silahkan bunda coba sendiri dan rasakan kelezatan dan kelembuatannya. terima Kasih.