Cara Buat Puding Karamel Kukus Sederhana, Lembut dan Lezat

Resep Puding Karamel Kukus Sederhana

Kokiepedia - Puding berasal dari bahasa Perancis yang artinya "boudin" yang berarti "sosis darah", sedangkan dari bahasa Latin sendiri yang artinya "botellus" yang berarti "sosis kecil". Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus.

Tapi tidak semua puding rasanya manis lho, suet pudding (puding lemak) adalah jenis #Puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi.

Sedangkan di Britania Raya sendiri, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau bahkan dipanggang.

Puding sendiri merupakan nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding sendiri dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang.

Puding sendiri merupakan hidangan penutup yang dibuat dengan bahan-bahan utama atau bahan baku seperti susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur yang siap dihidangkan setelah puding tersebut didinginkan terlebih dulu. Puding seperti ini mempunyai rasanya manis yang kuat dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan lainnya. Sedangkan puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering kita hidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas saja.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa

Tips Membuat Puding Karamel Kukus Yang Lembut


Anda suka sama puding? biasanya bahan puding sendiri menggunakan teknis di rebus tapi kali ini kita coba buat dengan cara di kukus dan hasilnya mungkin tidak akan mengecewakan anda sebagai penikmat puding itu sendiri.

Untuk membuat semua itu anda di haruskan untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini. Dengan bahan-bahan yang sederhana anda bisa dengan mudah untuk mendapatkannya, dan dengan cara pengolahannya yang sederhana sehingga anda tidak akan kesulitan untuk membuat #puding karamel kukus sendiri.

#1. Bahan untuk Membuat Puding Karamel Kukus

Bahan Karamel
  • 100 ml air panas
  • 4 sdm gula pasir

Bahan Puding
  • 400 ml susu UHT plain
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 kuning telur
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt vanilla bubuk
  • 1/4 sdt garam

#2. Tehnik Cara Pembuatan Puding Karamel Kukus

  1. Yang pertama harus anda lakukan adalah membuat karamel caranya yaitu dengan melelehkan gula dengan air. Aduk sesekali agar rata hingga mengental. Sebaiknya jangan sering diaduk ya bunda agar tidak mengkristal. Lalu tuang ke wadah kecil dan masukkan kedalamkulkas.
  2. Sekarang kocok telur bersama gula hingga gula larut. Kemudian masukkan vanila bubuk dan garam, aduk sampai semuanya tercampur secara merata.
  3. Sekarang anda hangatkan susu tapi ingat ya jangan sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan ke dalam adonan telur sambil diaduk ya agar semuanya tercampur secara merata.
  4. Selanjutnya tuang adonan yang sudah anda buat tadi ke dalam cetakan, dan kukus selama kurang lebih 20-30 menit saja.
  5. Jika sudah matang, sajikan dengan karamel di atasnya. Bunda juga bisa ko menambahkan toping buah-buahan di atasnya biar terlihat cantik.

Mungkin sampai disini saja yang bisa saya berikan kepada anda, semoga anda menyukai tips ini. Terima Kasih.