Resep Sederhana Membuat Nugget Mie Keju

Cara Membuat Nugget Mie Keju
Image © resepcaramasak
Kokiepedia - Nugget merupakan salah satu bahan makanan yang siap saji. Biasanya nugget berbahan dasar dari daging ayam yang digiling kemudian di tambahkan dengan bahan lain seperti sayuran ataupun bumbu. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan Membuat Nugget Mie Keju

Bahan-Bahan
Untuk Lapisan

  • 70 gram Mie telur kering
  • 100 gram Dada ayam filet
  • 2 siung, Bawang putih haluskan
  • 2 sdm Margarin
  • 3 sdm Tepung terigu
  • 1 sdm Susu bubuk putih (larutkan dengan 75 air putih)
  • 1 butir Telur ayam (kocok lepas)
  • 70 gram Keju cheddar
  • Garam halus secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya

  • Tepung roti secukupnya
  • 1 butir Telur ayam, kocok lepas

Baca Juga: Resep Nugget tahu Sutra

Cara Membuat Nugget Mie Keju

  1. Mula-mula kita olah terlebih dahulu mie keringnya. Siapkan panci dan isi dengan air bersih secukupnya saja. Jerang dia tas kompor menggunakan api sedang kemudian tunggu hingga air mendidih. Jika sudah mendidih, masukan mie kering ke dalamnya dan masak hingga mie kering menjadi cukup lembut. Tambahkan 1 sdm minyak goreng ke dalam rebusan mie agar mie tidak lengket satu sama lain. Jika mie sudah lembut, matikan api kemudian tiriskan mie hingga terpisah dari airnya dan masukan ke dalam wahah. Potong-potong mie tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil sekitar 1 cm agar lebih mudah untuk diolah, sisihkan sejenak.
  2. Ambil daging ayam fillet yang sudah kita siapkan kemudian cincang atau haluskan hingga lembut. Anda bisa menggunakan 2 buah pisau atau menggunakan chooper untuk hasil cincangan yang lebih halus. Jika daging ayam sudah lembut, masukan ke dalam wadah dan sishkan.
  3. Di wajan bersih, masukan margarin ke dalamnya kemudian hidupkan ai sedang dan masak sampai margarin leleh.
  4. Masukan bawang putih yang sudah kita haluskan ke dalamnya dan masak hingga bawang putih menjadi layu dan harum.
  5. Masukan bahan-bahan lain yaitu mie kering yang sudah direbus, cincangan ayam, telur ayam, susu bubuk, garam halus, merica bubuk, gula pasir serta parutan keju. Aduk-aduk semua bahan hingga rata dan menyatu. Jika sudah bercampur dan rasanya pas di lidah anda, matikan api.
  6. Siapkan pinggan tahan panas kemudian masukan adonan mie dan daging ayam yang sudah kita masak tadi ke dalamnya. Padatkan menggunakan spatula atau centong kayu agar adonan menyatu dan menjadi kokoh.
  7. Taburkan sisa keju di atas adonan nugget mie tadi. Agar rasa nugget mie semakin nikmat dan gurih.
  8. Kukus adonan nugget tadi hingga matang. Waktu yang anda perlukan sekitar 25-35 menit dengan menggunakan api sedang. Jika adonan sudah matang, angkat dan biarkan hingga nugget menjadi dingin dan bersuhu ruang untuk kemudian di potong-potong sesuai dengan selera anda.
  9. Masukan satu per satu nugget yang sudah dipotong tadi ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan pada tepung panir sambil ditekan-tekan agar tepung bisa menempel di setiap sisinya. Lakukan sampai nugget habis dan simpan nugget tadi di dalam freezer selama lebih kurang jam agar tepung menempel dan set.
  10. Siapkan minyak goreng di dalam wajan kemudian panaskan menggunakan api sedang. Jika sudah masukan nugget mie tadi dan goreng hingga garing dan berwarna kuning kecokelatan.
  11. Angkat dan nugget mie sudah siap untuk anda nikmati.

Selamat Mencoba...!!!